< Back to all article

Makanan Sehat yang Sebaiknya Masuk ke Dalam Menu Makan Harian

Agar bisa menjalani kehidupan yang sehat dan sejahtera, menjaga pola makan serta menu makan harian merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.
Article Image

Agar bisa menjalani kehidupan yang sehat dan sejahtera, menjaga pola makan serta menu makan harian merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Itu artinya, sudah saatnya nih Fit People memerhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, makanan yang mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein, antioksidan, dan lain sebagainya tentu sangat diperlukan.

Dikutip dari Boldsky, berikut merupakan daftar makanan sehat yang sebaiknya masuk ke dalam menu makan harian Fit People:

1.    Oat. Menurut FDA atau Food and Drug Administration untuk United States Department of Health and Human Services, oat merupakan salah satu makanan tersehat yang harus masuk ke dalam menu harian Anda. Oat merupakan penghasil serat larut, yang bisa membantu pelepasan gula karbohidrat secara perlahan dan menyediakan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Oat juga bisa membantu untuk merawat kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakitnya.

2.    Sayuran hijau. Pastikan untuk selalu memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makanan harian Fit People. Pasalnya, sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, kale, kubis, dan juga selada sangat kaya dengan vitamin B6, A, E, C, K, dan juga berbagai nutrisi lain seperti niacin, fosfor, seng, tembaga, kalium, asam folat, kalsium, mangan, dan zat besi. Sayuran hijau ini juga dikenal sebagai sayuran yang bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3.    Telur, ayam, dan ikan. Ketiganya merupakan sumber protein yang baik untuk mendukung sistem metabolisme di dalam tubuh. Telur mengandung vitamin B-2 dan viitamin B-12 yang sangat penting untuk sel darah  merah serta mekanisme energi untuk tubuh Fit People. Sementara itu, ayam jika diolah secara benar, ternyata menjadi sumber protein yang tinggi dan lebih mudah dicerna dibanding daging merah. Terakhir, ikan merupakan sumber omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung serta sistem saraf.

4.    Almond. Almond disebut-sebut sebagai kacang yang paling sehat jika dibandingkan dengan kacang-kacangan lain karena kaya akan kandungan serat serta nutrisi lain seperti zat besi, vitamin E, kalsium, magnesium, dan riboflavin. Almond juga membantu menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang menjadikan almond sebagai cemilan harian karena kandungannya ini. Namun demikian, jika Fit People tak sempat mencari kacang almond di supermarket dan tetap ingin mendapatkan manfaat dari almond, Fit People bisa mengonsumsi Fitbar Nuts, snack bar sehat yang terbuat dari 100% kacang-kacangan dan cashew asli. Kandungan kalorinya hanya 90 kalori perkemasan sehingga Fit People bisa menikmatinya tanpa khawatir. Snacking with no worries! Fit People bisa dengan mudah menemukan Fitbar Nuts di tempat jual cemilan sehat dengan harga yang sangat terjangkau.

5.    Apel. An apple a day keeps the doctor away! Menurut peneliti dari Florida State University, apel merupakan “miracle fruit” karena kaya akan kandungan vitamin, zat besi, dan juga antioksidan. Antioksidan sendiri dikenal karena sifatnya yang mampu memerangi zat perusak yang dihasilkan oleh tubuh, yang dikenal sebagai radikal bebas. Tidak hanya itu, apel juga ternyata bagus untuk hati, lho, Fit People. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jika Fit People mengonsumsi satu apel setiap hari selama setidaknya enam bulan, maka tingkat HDL akan meningkat sebesar 4% dan LDL akan menurun  sebesar 23%.

Itu dia daftar makanan sehat yang sebaiknya masuk ke dalam menu makan harian kalian, Fit People. Jadi, sudah siap untuk membuat daftar makan kalian esok hari? Coba share, dong!

Share