< Back to all article

Menu Makanan Untuk Penyandang Diabetes

Empat komponen dalam makanan yang dapat mempengaruhi gula darah, yaitu karbohidrat, protein, serat, dan lemak.
Article Image

Penyandang diabetes biasanya telah belajar dari pengalaman, menu makanan dan minuman yang mereka pilih dapat berdampak pada kadar gula darah, apakah itu meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kadar gula darah yang terkendali penting artinya bagi penyandang diabetes. Karena alasan inilah, penyandang diabetes harus tahu menu makanan untuk penyandang diabetes yang pas untuk dikonsumsi.

Ada empat komponen dalam makanan yang dapat mempengaruhi gula darah, yaitu karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Karbohidrat meningkatkan gula darah lebih cepat dan memiliki pengaruh terbesar pada glukosa darah dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein atau lemak. Kandungan serat, protein, dan lemak menyebabkan kenaikan gula darah setelah makan. Mengatur dan menjaga keseimbangan yang sehat dari karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan dapat membantu penyandang diabetes mengatur kadar gula darahnya.

Dalam pemilihan karbohidrat, penyandang diabetes harus mengutamakan karbohidrat kompleks, alih-alih karbohidrat sederhana. Karbohidrat yang berkualitas antara lain bisa diperoleh dari sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Sedangkan sumber lemak yang baik bisa diperoleh dari ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, zaitun, minyak zaitun extra virgin, dan minyak canola.

Meski demikian harus diingat, dua orang dengan diabetes dapat memiliki respon berbeda terhadap makanan yang sama. Karena alasan inilah, penyandang diabetes disarankan untuk memeriksa gula darah secara teratur sebelum dan setelah makan dan mencari pola makan yang tepat antara apa yang  dimakan dan minum dan kadar gula darah yang dihasilkan.

Penyandang diabetes mungkin juga ingin memeriksa jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dari setiap kali makan dan mencoba untuk menjaga konsistensi asupan setiap kali makan. Hal ini dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola kadar gula darahnya.

Share