< Back to all article

Minimalkan Risiko Diabetes Dengan Aktif Bergerak

Menjalani gaya hidup aktif dengan bergerak setiap hari tidak hanya mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2
Article Image

Dalam keluarga ada yang terkena diabetes dan kamu berada dalam risiko terkena penyakit ini? Berisiko diabetes tidak otomatis akan pasti mengalami penyakit ini. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari diri terkena diabetes mellitus tipe 2, antara lain dengan menjalani pola hidup sehat dan menjaga berat badan ideal.

Menjalani gaya hidup aktif dengan bergerak setiap hari tidak hanya mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, namun juga dapat membantu tidur lebih nyenyak, mengelola stres serta memperbaiki suasana hati.Ingatlah, melakukan perubahan kecil ke arah yang lebih baik akan menjadi awal yang baik.

Berapa banyak aktivitas yang perlu dilakukan setiap hari? Mulailah dengan 30 menit sehari latihan intensitas sedang setidaknya lima hari dalam seminggu. Intensitas sedang berarti bahwa pernapasan meningkat, namun masih bisa berbicara. Sejumlah hal sederhana dapat dilakukan untuk memulai aktivitas fisik yang mendorong kita menjalani gaya hidup lebih aktif, antara lain:

  1. Memarkir kendaraan di area yang lebih jauh sehingga punya kesempatan berjalan.
  2. Memilih menggunakan tangga bukan eskalator atau lift.
  3. Usahakan berjalan kaki saat janji temu dengan teman apabila lokasinya dekat.
  4. Saat membawa binatang piaraan berjalan-jalan, berilah tambahan ekstra 5 menit berjalan kaki.
  5. Gunakan pedometer untuk melacak langkah yang telah dilakukan. Ini sekaligus menantang kita untuk melakukan lebih di hari berikutnya.
Share